Translate

Selasa, 08 Januari 2019

Bank Sampah

Bank Sampah

Salah satu Program unggulan Karang Taruna "Rajawali" unit RW.011 Kalideres adalah Bank Sampah. Sampah merupakan suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis.

Masalah sampah timbul dengan adanya peningkatan timbunan sampah  per hari, namun tak diimbangi dengan dukungan sarana dan prasarana penunjang yang memenuhi persyaratan teknis, sehingga banyak sampah yang tidak ditangani dengan maksimal.
Selain sarana dan prasarana, kesadaran masyarakat memegang peranan penting dalam mengelola sampah. Jika dilihat kondisi saat ini masyarakat belum banyak mengetahui bagaimana mengelola dan memanfaatkan sampah. Sampah masih dianggap sebagai barang yang tidak berguna.Demikian juga pola hidup masyarakat saat ini, sampah jarang sekali dikelola dan digunakan kembali. Masyarakat hanya melakukan pengumpulan sampah di rumah masing-masing, lalu sampah di ambil oleh tukang sampah (petugas sampah) sesudah itu tukang sampah membawa sampah tersebut ke TPS (Tempat Penyimpanan Sementara), dari TPS sampah di angkut oleh mobil sampah kemudian dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Sementara, ditempat Pembuangan Akhir (TPA ), timbunan sampah sudah seperti gunung.  Kemana lagi sampah harus dibuang jika TPA sudah tidak mampu menampung lagi, ditambah aroma tidak sedap kadang tercium dan mencemari udara dan sudah dapat dipastikan mengganggu kesehatan.

Dari latar belakang diatas perlunya dirancang sistem pengelolaan sampah yang terintegritas dan memenuhi syarat kesehatan lingkungan. Salah satu bentuk pengelolaan tersebut adalah melalui Program Bank Sampah. Dan hal inilah yang menjadi konsentrasi serta program unggulan Karang Taruna "Rajawali" unit RW.011 Kalideres, dibawah pimpinan Fauzan Tani Firdaus.

Hadirnya Bank Sampah ini, bertujuan:
1.      Menumbuhkan kepedulian masyarakat sekitar akan pentingnya pengelolaan sampah
2.      Mengubah pola hidup masyarakat dalam pengelolaan sampah.
3.      Menanamkan pemahaman dan mengajak masyarakat bahwa barang bekas masih bisa digunakan sehingga timbunan sampah berkurang
4.      Memecahkan permasalahan sampah yang sampai saat ini belum juga bisa teratasi dengan baik.
5.      Meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya hidup bersih dengan pengelolaan sampah yang baik. Menyadarkan dan mengajak masyarakat agar memanfaatkan barang bekas yang masih bisa digunakan, sehingga timbunan sampah berkurang.
6.      Mengubah sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomis.
7.      Meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mendaur ulang sampah.
8.      Penghematan lahan TPA.
9.      Menjalankan Program Pemerintah DKI. Jakarta dalam penanganan masalah sampah.

Mekanisme, sistem dan hal lain terkait Bank Sampah akan dijelaskan kemudian.



Informasi Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar