Translate

Selasa, 08 Januari 2019

Kegiatan Sosial : Salurkan Bantuan Kepada Korban Tsunami Selat Sunda

KARANG TARUNA "RAJAWALI" UNIT RW.011 KELURAHAN KALIDERES
SALURKAN BANTUAN UNTUK KORBAN TSUNAMI SELAT SUNDA

Karang Taruna adalah suatu organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia dan merupakan sebuah wadah atau tempat pengembangan jiwa sosial generasi muda. Karang Taruna tumbuh atas kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari masyarakat, dan untuk masyarakat itu sendiri, khususnya generasi muda yang ada di suatu wilayah. Dan bergerak pada bidang-bidang yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial.

Sebagai organisasi sosial kepemudaan, Karang Taruna "Rajawali" unit RW.011 Kelurahan Kalideres menyadari hal ini dengan benar, karena Karang Taruna merupakan wadah atau tempat pembinaan dan pengembangan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi, sosial, budaya dengan pemanfaatan semua potensi yang ada dilingkungan masyarakat khususnya yang ada di wilayah RW.011 Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, Kota Administrasi Jakarta Barat.

Kesadaran sosial ini terlihat dengan nyata ketika Karang Taruna "Rajawali" unit RW.011 mendirikan Posko kepedulian untuk membantu korban tsunami selat Sunda di Banten maupun Lampung. Posko ini dibuka sejak tsunami selat sunda terjadi. Dan selama Posko ini dibuka, antusias masyarakat melalui Ketua-ketua RT sangat luar biasa, dalam berkontribusi memberikan pakaian layak pakai, sembako, perlengkapan mandi, perlengkapan ibadah, perlengkapan dan kebutuhan bayi, obat-obatan kesehatan dan masih banyak lagi yang lain. Oleh karena itu kami sudah melakukan beberapa tahap penyaluran dukungan ini, yang langsung kami berikan kepada keluarga yang menjadi korban terdampak tsunami.

Selama Posko ini dibuka sudah dua tahap Karang Taruna "Rajawali" menyalurkan bantuan. Tahap pertama disalurkan langsung tiga hari pasca kejadian tsunami tepatnya tanggal 25 Desember 2018. Tahap kedua disalurkan Minggu tanggal 06 Januari 2019. Dan Insyaallah, tahap ketiga akan dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2019 bersama dengan pihak Kelurahan Kalideres. Sehingga semua bantuan masyarakat yang ada di Posko ini akan tersalurkan semua tanpa ada yang tersisa.

Seperti diketahui, tsunami menerjang pantai sekitar Selat Sunda, tepatnya di Kabupaten Pandeglang Banten, Serang, dan Lampung Selatan. Bencana tersebut terjadi pada Sabtu, 22 Desember 2018, tepatnya pukul 21.27 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi tsunami disebabkan oleh longsor bawah laut akibat erupsi Gunung Anak Krakatau dan gelombang tinggi akibat bulan purnama. 
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan tim evakuasi telah memakamkan 429 jenazah dari 437 korban tewas akibat tsunami selat Sunda hingga Rabu, 2 Januari 2018. Dan jumlah korban luka mencapai 1.459 orang dan yang hilang sebanyak 10 orang. BNPB juga mencatat saat ini terdapat 36.923 orang yang masih mengungsi dari tempat tinggalnya.

Karang Taruna "Rajawali" unit RW.011 Kalideres berkesempatan mengunjungi kampung Cikujang, desa Tanjung Jaya kecamatan Panimbang, kabupaten Pandeglang untuk bertemu langsung dengan masyarakat yang menjadi korban tsunami selat Sunda guna menyalurkan secara langsung bantuan kepedulian.
Tim berangkat dari Kalideres, Jakarta Barat pukul 00.30 WIB dini hari tanggal 06 Januari 2019, menggunakan dua mobil pribadi dan satu mobil box dan tim Karang Taruna "Rajawali" unit RW.011 Kalideres tiba di daerah tujuan 07.15 WIB. 

Berdasarkan data yang dihimpun bahwa wilayah terdampak tsunami  kampung Cikujang, desa Tanjung Jaya kecamatan Panimbang, kabupaten Pandeglang ini, didiami oleh 56 Kepala Keluarga dan ada 5 korban meninggal dunia, 1 orang hilang dan belum ditemukan, kurang lebih balasan orang luka-luka.

Setelah bertatap muka dan menyalurkan langsung bantuan kepada korban terdampak tsunami di kampung Cikujang, desa Tanjung Jaya, tim langsung berpamitan pulang kepada seluruh masyarakat yang berkumpul seraya memohon doa agar tiba di Kalideres dengan selamat. Tim sampai kembali ke Posko yang terletak di RT.004/RW.011 kelurahan Kalideres Pukul 17.15 WIB.


Semoga semangat saling memperhatikan dan menolong ini tetap terpelihara di antara sesama manusia khususnya Karang Taruna "Rajawali" unit RW.011 Kelurahan Kalideres, sebab pada hakekatnya manusia diciptakan Allah sebagai mahkluk sosial yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.


Diliput oleh Media :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar